h1

MUSRENBANG PARTISIPATIF

17 March 2010

Musrenbang Partisipatif Tingkat Kelurahan adalah forum pertemuan warga untuk merumuskan usulan rencana prioritas dan pelaksanaan swadaya masyarakat, sebagai bahan untuk dibahas dalam Musrenbang Paritisipatif Tingkat Kecamatan. Kegiatan Musrenbang Partisipatif Tingkat Kelurahan diikuti oleh unsur Organisasi Perangkat Daerah, LPM Kelurahan, Kader Teknis Program Dasar Perencanaan Partisipatif, organisasi kemasyarakatan, serta para Ketua RT dan RW.  Musrenbang ini merupakan bagian penting dari proses penyelenggaraan sistem perencanaan pembangunan tahunan daerah Kota Cimahi yang pada intinya adalah untuk membahas dan menyempurnakan rancangan RKPD Kota Cimahi Tahun 2011 untuk difinalisasi lebih lanjut sebagai pedoman dalam penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Satuan Kerja Pemerintah Daerah sebagai mata rantai dalam proses penyusunan APBD Kota Cimahi Tahun 2011.

Titik berat penyelenggaraan Musrenbang Partisipatif Tingkat Kelurahan terletak pada diskusi-diskusi yang dilaksanakan dalam satu forum yang disebut Forum Dialog Kelurahan (Musyawarah antara RW dan Organisasi kemasyarakatan di kelurahan).

Pada tanggal 23 Februari 2010 Pihak kelurahan mengundang para Ketua RW dan para Ketua Lembaga Kemasyarakatan lainnya dalam diskusi pelaksanaan Musrenbang sekaligus sosialisasi RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) 2007 – 2012 dan RKPD (Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah) Kota Cimahi Tahun 2011, untuk kemudian para Ketua RW mensosialisasikan hal ini kepada para Ketua RT dan masyarakat setempat sekaligus menampung aspirasi dan harapan warga setempat untuk pembangunan Tahun 2011.


Kemudian dalam acara Forum Dialog bertempat di Aula Kelurahan Cigugur Tengah dihasilkan kesepakatan prioritas pembangunan pada tahun 2011 dan Forum Dialog ini dihadiri oleh Pengurus LPM, para Ketua RW, Tokoh Masyarakat dan para ketua lembaga lainnya. Sedangkan para Kepala OPD atau yang mewakilinya menjadi narasumber pada acara diskusi di masing-masing bidang sesuai dengan tupoksi OPD yang bersangkutan.




Selanjutnya tanggal 25 Februari 2010 hasil Forum Dialog Kelurahan dilegitimasi dalam acara Musrenbang Partisipatif Tingkat Kelurahan. juga akan menentukan nama-nama delegasi dari forum ini yang akan dikirim pada Musrenbang Tingkat Kecamatan. Adapun jumlah perwakilan yang akan dikirim sebanyak 5 orang (diluar perangkat kelurahan) dengan memperhatikan unsur keterwakilan kaum perempuan.





%d bloggers like this: